Belajar Candlestick untuk Pemula
Belajar Candlestick untuk Pemula

Bagi seorang trader, sangat penting untuk mengetahui cara membaca suatu grafik untuk mengetahui kondisi yang sedang terjadi di pasar. Itulah mengapa belajar candlestick di awal sangatlah penting.

Nah, pada bahasan kali ini akan dijelaskan mengenai cara membaca candlestick, yaitu salah satu grafik yang ditemukan pada abad ke 18 oleh pedagang beras di jepang bernama Munehisa Homma.  Yuk simak!

Bagian-bagian Candlestick

Sesuai namanya, candlestick berbentuk seperti lilin yang terdiri dari bagian badan lilin (body) dan sumbu. Di dalam pasar, besar body candlestick bisa berbeda-beda. Hal ini tergantung dengan transaksi yang ada di pasar.

Saat pasar sedang mengalami trend dengan momentum yang tinggi, bagian body candlestick terlihat lebih panjang daripada bagian sumbunya.

Sedangkan, Jika bagian body lebih pendek dan sumbunya lebih panjang, maka menunjukkan bahwa kondisi pasar sedang volatil.

Selain itu, Candlestick juga memiliki warna yang merupakan ciri khas pasar. Biasanya, candlestick yang memiliki warna hijau/putih menandakan pasar yang sedang mengalami bullish atau kenaikan.

Sedangkan, candlestick yang memiliki warna hitam/merah menandakan pasar yang sedang mengalami bearish atau penurunan.

Pola Candlestick

Kondisi pasar yang berubah-ubah membuat candlestick memiliki pola yang beragam. Jenis pola-pola ini dapat dilihat dari bentuknya untuk mendukung analisis teknikal dengan baik.

Baca juga:

 

Dikutip dari Investopedia, pola candlestick yang paling kuat dan biasa digunakan oleh hedge fund managers adalah pola three line strikes, two block gapping, three black crows, evening star, dan abandoned baby. Kelima jenis pola ini adalah momen yang sering dimanfaatkan untuk meraih keuntungan dalam trading.

Cara Membaca Candlestick

Agar dapat membaca pola candlestick dengan baik, dibutuhkan pembelajaran untuk menghafal berbagai jenis pola-pola candlestick. Tentunya hal ini memerlukan proses pembelajaran. Namun, pembelajaran ini bukan merupakan suatu hal yang sulit karena pada dasarnya semua dapat dengan mudah ditemukan di internet, buku ataupun belajar dari orang yang lebih mengerti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here