Jangan Gegabah! Ini Tips Memasang Stop Loss yang Tepat
Source: medium.com

Kegiatan trading merupakan bisnis yang memiliki potensi keuntungan besar. Akan tetapi, ada saatnya juga trader dapat meraih kerugian. Nah, potensi kerugian ini bisa kita minimalisir dengan manajemen risiko yang baik. Salah satunya dengan menerapkan fitur stop loss dan menggunakan tips memasang stop loss yang tepat.

Fitur stop loss merupakan fitur yang krusial dan sering digunakan oleh trader. Nah, sebenarnya apa stop loss itu? Mengapa fitur stop loss sangat penting digunakan oleh trader? Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan berikut ini!

Pengertian Stop Loss

Stop loss adalah batas toleransi kerugian yang kita tetapkan dalam trading. Jika transaksi seorang trader telah mencapai stop loss yang telah ditentukan, maka secara otomatis order akan melakukan perintah sell, sehingga dapat membatasi kerugian yang sedang dialami.

Sebagai contoh, seorang trader membuka order buy EUR/USD di harga 1.1250. Posisi tersebut akan terus berjalan selama trader tersebut belum tutup posisi secara manual. Lalu trader tersebut memasang stop loss di 1.1200.

Baca juga:

 

Tentunya trader tersebut akan mendapatkan keuntungan jika harga bergerak naik melebihi 1.1250. Namun, apabila harga tiba-tiba mengalami penurunan di bawah 1.1200, maka secara otomatis order akan melakukan perintah sell dan trader tersebut hanya mendapat kerugian sebesar 50 poin.

Cara Menentukan Stop Loss

Sebenarnya, secara khusus tidak ada cara untuk menentukan stop loss. Besar kerugian yang bisa diterima tergantung dari setiap individu. Beberapa trader ada yang menentukan jarak stop loss yang dekat dan juga ada yang menentukan jarak stop loss yang jauh.

Namun, idealnya trader menempatkan titik stop loss dengan mencari titik support dan resistance hal tersebut dikarenakan titik support dan resistance adalah kawasan yang memiliki kemungkinan besar terjadinya break maupun break out, sehingga trader profesional akan mengambil area tersebut sebagai toleransi maksimal kerugian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here