Mau Trading? Lihat 6 Hal ini Sebelum Memilih Pialang
Mau Trading? Lihat 6 Hal ini Sebelum Memilih Pialang

Sebelum memulai transaksi trading, tentu saja seorang investor harus terlebih dahulu memilih Pialang paling tepat. Pialang berperan sebagai pihak yang menghubungkan trader dan pasar. Tentu saja dalam hal ini pasar yang dimaksud adalah pasar valuta asing (forex), berjangka, dan komoditi.

Melakukan seleksi dalam memilih broker adalah satu tahapan sederhana sebelum memulai trading. Salah-salah, justru dana kita dimainkan oleh pialang yang tak jelas asal-usulnya.

Nah, bagaimana tepatnya cara andal dalam memilih Pialang?

Pialang dengan Legalitas

Tentu saja, jika Anda adalah warga negara yang dilindungi oleh Undang-Undang, Anda berhak mendapatkan kejelasan legalitas dari Pialang yang Anda pilih. Badan yang mengawasi aktivitas perdagangan berjangka di Indonesia adalah BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi). Fungsi badan ini adalah melindungi investor dan membantu menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi karena ada dalam perautran perundang-undangan.

Untuk memastikan apakah broker yang Anda inginkan sudah pasti terdaftar dalam Bappebti, Anda bisa langsung mengunjungi situs website Bappebti. Jangan lupa juga untuk mengunjungi website perusahaan broker untuk memastikan berbagai kejelasan yang Anda butuhkan.

Memiliki Rekam Jejak yang Baik

Rekam jejak adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan sebelum memilih broker. Tentu saja Anda bisa mempelajari broker dengan melihat status surat izin dan pemberitaan media. Sementara jika Anda merasa bahwa pialang tersebut baru, Anda dapat memeriksa bagaimana perusahaan tersebut dikelola.

Baca juga:

 

Cara termudah adalah dengan memeriksa ulasan Nasabah yang beredar. Ulasan ini banyak ditemukan di mesin penelusuran maupun situs-situs lain yang relevan.

Transparansi Biaya yang Dibutuhkan dalam Transaksi

Mendapatkan pelayanan maksimal tentu saja menjadi ekspektasi Anda sebagai investor. Tapi tentu saja pelayanan membutuhkan berbagai macam biaya. Ada berbagai macam jenisnya jika Anda ingin bertransaksi, mulai dari spread, komisi, dan biaya menginap (swap). Mungkin juga ada berbagai macam biaya lain di setiap pialang, itulah sebabnya Anda harus benar-benar teliti.

Selain biaya, Anda juga harus memahami aturan dalam menarik dan menyetor dana Anda ke dalam akun trading. Kecepatan dalam registrasi dan konfirmasi akun juga biasanya menjadi pertimbangan sebagian investor.

Keamanan dan Kredibilitas Aplikasi

Di masa di mana semua serba digital, aplikasi menjadi salah satu alat wajib dalam mempermudah transaksi. Anda sebagai calon Nasabah harus memastikan, apakah aplikasi yang pialang gunakan berfungsi secara optimal. Maka dari itu, merasakan pengalaman trading menggunakan akun demo sangatlah penting untuk dilakukan.

Anda juga dapat menguji keamanan mereka selama bertransaksi menggunakan aplikasi. Apakah ada potensi kebocoran data selama betransaksi, atau apakah transaksi Anda tidak “dipermainkan” oleh perusahaan. Caranya sangat mudah, yaitu dengan membandingkan pergerakan harga pasar pada 2 pialang secara bersamaan, apakah pergerakannya wajar atau tidak.

Informasi dan Edukasi

Membuat profit bagi investor adalah hal ideal yang semestinya dilakukan oleh perusahaan broker. Sebab bagaimana caranya bisnis broker bertahan, jika semua investornya merugi? Maka dari itu, pialang yang memahami kebutuhan ekosistem bisnis yang sehat dapat memperoleh peringkat pertama dalam pertimbangan Anda. Anda harus memastikan, apakah pialang tersebut memberikan edukasi melalui tutorial ataupun seminar/

Anda juga perlu memahami berbagai informasi dasar mengenai trading (jika Anda adalah trader pemula). Tak jarang edukasi yang diberikan pialang juga berlevel advance dan Anda harus memiliki pengetahuan dasar sebelumnya.

Pialang dengan Layanan Nasabah 24 Jam

Cusomer Service adalah hal paling sederhana yang sangat penting bagi Nasabah. Terutama bagi Anda yang merupakan trader pemula, Anda harus benar-benar tahu seberapa mudah CS pialang diakses dan seberapa cepat mereka menanggapi Anda.

Tentu saja, broker yang baik menyediakan layanan Nasabah melalui berbagai kanal, seperti email, telepon, hingga Whats App. Hal ini membuat Anda otomatis semakin yakin dengan pialang yang sedang Anda pilih.

Sudah merasa cukup dengan berbagai tips memilih pialang? Jangan ragu untuk memulai transaksi sekarang juga! Daftar di sini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here