Mengenal Indeks Hang Seng
Sumber: detik.com

Indeks merupakan salah satu instrumen investasi berupa data kompilasi saham pada sebuah negara. Ada beberapa jenis indeks yang dapat dijadikan investasi. Namun, pada artikel kali ini akan difokuskan mengenai indeks hang seng.

Apa itu indeks hang seng? Nah, bagi kamu yang sedang mencari informasi mengenai indeks hang seng, yuk simak pembahasan berikut ini!

Pengertian Indeks

Indeks adalah ukuran perubahan pergerakan harga pada sejumlah saham. Pergerakan tersebut dapat mewakili situasi pergerakan pasar secara menyeluruh. Nilai pada indeks saham dipengaruhi oleh harga saham dalam portofolio indeks tersebut.

Ada beberapa indeks yang umum di dengar karena popularitasnya, seperti Nasdaq, The Dow Jones Industrial Average (DJIA), S&P 500, dan Hang Seng. Indeks-indeks ini merupakan nama perusahaan yang mengelola finansial perusahaan-perusahaan besar. Sebagai contoh, pengelolaan keuangan Facebook berada di bawah naungan Nasdaq.

Baca juga:

 

Contoh Perhitungan Indeks

Agar dapat lebih mudah dipahami, berikut akan dianalogikan mengenai indeks secara lebih mudah:

Misalnya:

Harga cabai yang berada di pasar sebesar Rp 20.000 per kilogram

Sebagai contoh angka dasar nilai indeksnya adalah 1

Saat harga cabai naik menjadi Rp 30.000 per kilogram, maka nilai indeksnya juga naik menjadi 1.5, karena ada kenaikan sebanyak 50% dari harga cabai awal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here