Simak Keunggulan Emas Derivatif Dibanding Emas Fisik
Simak Keunggulan Emas Derivatif Dibanding Emas Fisik

Di masa pandemi ini, banyak sekali faktor yang menyebabkan ekonomi dunia mengalami penurunan. Oleh sebab itu, banyak orang yang mulai memilih untuk investasi emas sebagai aset safe haven. Secara umum, investasi emas dibedakan menjadi dua jenis, yaitu investasi emas fisik dan investasi emas non fisik. Apa saja keunggulan emas derivatif dibanding emas fisik?

Sesuai dengan namanya, hal yang membedakan dari keduanya adalah konsep kepemilikannya. Jika pada emas fisik, investor akan menerima emas secara fisik. Sedangkan, investasi emas non fisik atau yang disebut emas derivatif, investor akan menerima dalam bentuk nilainya.

Selain lebih fleksibel karena tak perlu menyimpan secara fisik, emas non fisik juga memiliki beberapa keunggulan lain yang bisa dijadikan pertimbangan. Apa saja keunggulan emas non fisik dibanding emas fisik? Yuk simak pembahasan berikut ini!

Tentukan Tujuan Invetasi

Sangat penting untuk menentukan tujuan sebelum kita melakukan investasi. Kamu harus mengetahui apakah investasimu dilakukan untuk jangka pendek atau jangka panjang. Pada dasarnya, investasi emas derivatif dan emas fisik keduanya merupakan sama-sama lindung nilai.

Namun, yang membedakannya adalah, emas fisik cenderung sebagai aset jangka panjang. Sedangkan, emas derivatif adalah untuk jangka pendek dan berkelanjutan. Maksudnya berkelanjutan adalah kamu dapat memperoleh pasif income dari investasi emas derivatif.

Jadi dapat dikatakan, investasi emas derivatif dapat memberikan potensi profit secara konsisten jika dilakukan dengan baik, sedangkan emas fisik lebih bersifat jangka panjang dan cenderung hanya sebagai penyimpanan aset saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here