Leverage

Keunggulan pertama emas derivatif dibanding emas fisik adalah sistem leverage. Pada emas fisik, jika harga emas naik, kita harus membelinya sesuai dengan harga yang ada pada saat itu, sehingga dibutuhkan lebih banyak modal yang harus dikeluarkan.

Sedangkan, pada emas derivatif terdapat istilah leverage, yang memungkinkan investor untuk membeli emas di bawah harga asli sesuai dengan leverage yang disediakan. Leverage yang disediakan broker juga bermacam-macam, bisa 1:100 bahkan lebih. Dengan adanya leverage ini, investor dapat mengeluarkan modal yang lebih sedikit jika berinvestasi emas derivatif.

Spread

Keunggulan lain emas derivatif dibanding emas fisik adalah spread. Emas derivatif memiliki spread yang lebih rendah dibandingkan emas fisik. Semakin besar spread, maka keuntungan yang didapat semakin sedikit.

Oleh sebab itu, rendahnya spread pada emas derivatif merupakan keunggulan yang mencolok dibandingkan emas fisik. Tentunya perbedaan spread yang mencolok ini dikarenakan berbagai faktor pada emas fisik yang meliputi proses pemurnian, marketing, hingga penyimpanan emas fisik. Faktor-faktor tersebut tidak diperlukan pada emas derivatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here